Peran Taman Pendidikan Qur’an Al-Ikhlas Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Desa Bantan Tua
DOI:
https://doi.org/10.56633/jdki.v4i2.868Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran yang di lakukan TPQ Al-Ikhlas dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis Al-Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Desa Bantan Tua.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Taman pendidikan Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Desa Bantan Tua terkait dengan peran taman pendidikan Qur’an untuk mengembangkan kemampuan BTQ anak, penggunaan metode, dan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif atau kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang di alami. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dengan melibatkan sebanyak 5 orang
sebagai narasumber untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik observasi Partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran TPQ Al-Ikhlas dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca
dan menulis Al-Qur’an secara umum dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari fungsi manajemen yang sudah dikelola yang terdiri dari: 1) perencanaan dalam menentukan tujuan 2) pelaksanaan dalam merancang jadwal kegiatan 3) Evaluasi serta mengadakan tindakan perbaikan. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an yaitu: pembuatan rencana program, mengembangkan metode pembelajaran dengan melibatkan siswa yang aktif, memberikan hafalan dengan memandu bacaan, memberikan praktek sholat, dan memberikan reward atau sertifikat penghargaan bagi siswa yang berprestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ririn Harti Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).