Peran Taman Pendidikan Qur’an Al-Ikhlas Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Desa Bantan Tua

Authors

  • Ririn Harti Saputri STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jdki.v4i2.868

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran yang di lakukan TPQ Al-Ikhlas dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis Al-Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Desa Bantan Tua.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Taman pendidikan Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Desa Bantan Tua terkait dengan peran taman pendidikan Qur’an untuk mengembangkan kemampuan BTQ anak, penggunaan metode, dan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif atau kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang di alami. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dengan melibatkan sebanyak 5 orang
sebagai narasumber untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik observasi Partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran TPQ Al-Ikhlas dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca
dan menulis Al-Qur’an secara umum dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari fungsi manajemen yang sudah dikelola yang terdiri dari: 1) perencanaan dalam menentukan tujuan 2) pelaksanaan dalam merancang jadwal kegiatan 3) Evaluasi serta mengadakan tindakan perbaikan. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an yaitu: pembuatan rencana program, mengembangkan metode pembelajaran dengan melibatkan siswa yang aktif, memberikan hafalan dengan memandu bacaan, memberikan praktek sholat, dan memberikan reward atau sertifikat penghargaan bagi siswa yang berprestasi.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Saputri, R. H. (2025). Peran Taman Pendidikan Qur’an Al-Ikhlas Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Desa Bantan Tua. Matlamat Minda, 4(2), 1–15. https://doi.org/10.56633/jdki.v4i2.868