Aktivasi Otak pada Pembelajaran Anak Usia Dini

المؤلفون

  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Tias Mayasita Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Nadia Khusna Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Sakinah Khusna Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v20i2.932

الكلمات المفتاحية:

Pembelajaran, Anak, Aktivasi Otak

الملخص

Pembelajaran anak merupakan topik penting dalam dunia pendidikan. Salah satu aspek yang menarik dalam pembelajaran anak adalah aktivasi otak. Aktivasi otak pada pembelajaran anak merupakan proses penting yang memengaruhi cara anak-anak belajar, memproses informasi, dan mengembangkan keterampilan kognitif. Studi tentang aktivasi otak pada pembelajaran anak telah menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang memadai dan stimulasi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan aktivasi otak pada anak-anak. Selain itu, perkembangan teknologi neuroimaging telah memungkinkan para peneliti untuk melihat aktivitas otak anak-anak saat mereka belajar, memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana otak bereaksi terhadap rangsangan pembelajaran.Penulis bertujuan menulis untuk menganalisis dan menulis jurnal dengan judul “Aktivitasi Otak dalam Pembelajaran Anak Usia Dini” dengan menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data. Menurut penulis, untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasan, fisik dan mental anak, seorang pendidik harus memberikan edukasi dan stimulasi kepada anak dengan menciptakan lingkungan belajar yang baik.

 

المراجع

Alya, F, Z., Aufi, N, I., & M. Inggit, P. (2023). Peran Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, Vol.7(4), 259.

Ahmad Suryawan, A., & Anang Endaryanto, A. (2021). Perkembangan Otak dan Kognitif Anak: Peran Penting Sistem Imun pada Usia Dini. Sari Pediatri, 23(4), 279-284.

Batinah, B., Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31-39.

Claproth, R. (2010). Dahsyatnya Bahaya Aktivasi Otak Tengah. Grasindo.

Intishar, I. N. (2023). Pengaruh Perkembangan Otak pada Kemampuan Kognitif dan Perilaku dari Masa Infansi hingga Dewasa: Tinjauan Terkini. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1216-1223.

Intishar, I. N. (2023). Pengaruh Perkembangan Otak pada Kemampuan Kognitif dan Perilaku dari Masa Infansi hingga Dewasa: Tinjauan Terkini. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1216-1223.

Maharani, P., Siregar, M., Ramadhini, A. A., & Pangesti, F. Z. (2023). Persepsi Guru Tentang Seni Musik Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Asghar: Journal of Children Studies, 3(1), 1-9.

Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87

Maulidah, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Lulusan TK Al-Hidayah 72. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 146-158.

NST, E. PERAN GIZI DALAM PERKEMBANGAN OTAK ANAK.

Prima, E. (2019). Perbedaan Biologis dalam Pembelajaran dan Dampak dari Gerakan Fisik pada Otak Anak. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(2), 271-290.

Utami, R., & Idawati, K. (2023). Implementasi Brain Based Learning Dalam Mengasah Multiple Intelligences Di MTs Al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 386-402

التنزيلات

منشور

2025-01-10