IMPLEMENTASI PENDEKATAN GENRE-BASED APPROACH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MIS NURUL HIKMAH PAMEKASAN MADURA

المؤلفون

  • Qurratul Aini Pascasarjana UIN Malang
  • Irwan Setia Budi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Pamekasan
  • Werdining Wulan Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v20i1.794

الكلمات المفتاحية:

Kata Kunci، Kata Kunci: Genre Based Approach, Menulis Cerpen.

الملخص

Abstrak

Kemampuan menulis siswa merupakan aspek keterampilan berbahasa yang penting dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan bagaimana implementasi pendekatan GBA dalam penelaahan menulis cerpen di Bidang Bahasa Indonesia kelas 3 MIS Nurul Hikmah Madura. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pendekatan genre based approach yang di lakukan dalam pembelajaran menulis cerpen yaitu, guru membuat RPP terlebih dahulu, dalam kegiatan pembelajaran, guru menjelaskan genre cerpen dengan memebrikan contoh cerpen. Guru menjelaskan materi menulis cerpen yang di antaranya meliputi ciri khas setiap genre cerpen, gaya penulisan, unsur-unsur yang membedakan setiap genre, langkah-langkah penulisan cerpen.

المراجع

Fira, S., Arifin, A., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (n.d.). MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.6971

Hasan, Md. K., & Akhand, M. M. (1970). Approaches to Writing in EFL/ESL Context: Balancing Product and Process in Writing Class at Tertiary Level. Journal of NELTA, 15(1–2), 77–88. https://doi.org/10.3126/nelta.v15i1-2.4612

Rival Prakoso, A., Seriardana, P., Diah, L., & Adnyani, S. (2021). Implementasi Genre Based Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ

Taum, Y. Y. (n.d.). PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS TEKS: PELUANG DAN TANTANGAN KURIKULUM 2013 1.

Hidayati, I. N., & Rahmah, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Genre Based Approach Dalam Pengajaran Menulis Teks Iklan (Advertisement) Melalui Lesson Study. Devosi, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.33558/devosi.v4i1.6915

Pesia Wanudya Barokatul Ummah. (2019). Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking in Comprehending Narrative Text for Senior High School Pesia Wanudya Barokatul Ummah Abstrak. Jurnal retain, 7, 155–164.

Ummu Hani. (2023). Effektivitas peningkatan keterampilan menulis recount text melalui pendekatan genre based. 2(1), 77–84.

Zelvia Liska Afriani, F. M. (2020). PELATIHAN PENDEKATAN GENRE-BASED PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 10 KOTA BENGKULU. 1(November), 57–73.

التنزيلات

منشور

2024-07-18