IMPLEMENTASI PENDEKATAN GENRE-BASED APPROACH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MIS NURUL HIKMAH PAMEKASAN MADURA
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v20i1.794الكلمات المفتاحية:
Kata Kunci، Kata Kunci: Genre Based Approach, Menulis Cerpen.الملخص
Abstrak
Kemampuan menulis siswa merupakan aspek keterampilan berbahasa yang penting dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan bagaimana implementasi pendekatan GBA dalam penelaahan menulis cerpen di Bidang Bahasa Indonesia kelas 3 MIS Nurul Hikmah Madura. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pendekatan genre based approach yang di lakukan dalam pembelajaran menulis cerpen yaitu, guru membuat RPP terlebih dahulu, dalam kegiatan pembelajaran, guru menjelaskan genre cerpen dengan memebrikan contoh cerpen. Guru menjelaskan materi menulis cerpen yang di antaranya meliputi ciri khas setiap genre cerpen, gaya penulisan, unsur-unsur yang membedakan setiap genre, langkah-langkah penulisan cerpen.
المراجع
Fira, S., Arifin, A., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (n.d.). MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.6971
Hasan, Md. K., & Akhand, M. M. (1970). Approaches to Writing in EFL/ESL Context: Balancing Product and Process in Writing Class at Tertiary Level. Journal of NELTA, 15(1–2), 77–88. https://doi.org/10.3126/nelta.v15i1-2.4612
Rival Prakoso, A., Seriardana, P., Diah, L., & Adnyani, S. (2021). Implementasi Genre Based Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ
Taum, Y. Y. (n.d.). PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS TEKS: PELUANG DAN TANTANGAN KURIKULUM 2013 1.
Hidayati, I. N., & Rahmah, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Genre Based Approach Dalam Pengajaran Menulis Teks Iklan (Advertisement) Melalui Lesson Study. Devosi, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.33558/devosi.v4i1.6915
Pesia Wanudya Barokatul Ummah. (2019). Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking Genre-Based Approach As A Method to Build Students ’ Critical Thinking in Comprehending Narrative Text for Senior High School Pesia Wanudya Barokatul Ummah Abstrak. Jurnal retain, 7, 155–164.
Ummu Hani. (2023). Effektivitas peningkatan keterampilan menulis recount text melalui pendekatan genre based. 2(1), 77–84.
Zelvia Liska Afriani, F. M. (2020). PELATIHAN PENDEKATAN GENRE-BASED PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 10 KOTA BENGKULU. 1(November), 57–73.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2024 Qurratul Aini, irwan setia budi irwan, Werdining Wulan

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).