ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v20i1.628الكلمات المفتاحية:
Leadership، Principal، Teacher Performanceالملخص
Abstrak
Meningkatnya kualitas mutu pendidikan ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap kinerja guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan literatur review yang bersumber dari artikel, jurnal ilmiah, dan buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kepemimpinan kepala sekolah di era globalisasi sudah memgalamani perkembangan dengan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan kinerja guru. Gaya kepemipinan yang diterapkan semakin terbuka yang berdampak pada kinerja guru semakin efektif dan efisien.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
المراجع
Ali, M Nurbaya Siti Cut Zahri Harum dan Djailani AR. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN Negeri Lambaro Angan.” Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3, No. 2 (Mei, 2015): 121.
Anggayani, Luh Ni Piers Andreas Noak dan I Putu Dharmanu Yudharta. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 2 Pamecutan Kota Denpasar).” https://media.neliti.com: 4.
Ashlan, Said dan Akmaluddin. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Makassar: Yayasan Barcode, 2021.
Ashlan, Said dan Hambali. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Cet. 1. Pasaman: CV. Azka Pustaka, 2022.
Ayu, Patima Siti Nanang Qosim dan Sollah Siolehuddin. “Studi Deskriptif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Satreyan 3 Maron.” Jurnal Kewarganegaraan 8, no. 1 (Juni, 20224): 105.
Azzahra Riza Dinda. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah yang Efekti.” Jurnal IJIAM-EDU 1, no. 1 (Maret, 2024): 44.
Djunaidi. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Tarbiaytuna 2, no. 1 (Januari, 2017): 97.
Ghafur, Abdul. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.
Hapudin, Soleh Muhammad dan Arief Kusuma Praja. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Edisi 1. Cet. 1. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2022.
Ikhsandi, Harits Rio M dan Zaka Hadikusuma Ramadan.”Kepemimpinan Kepada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (April, 2021): 1313.
Kasidah, Murniati AR dan Bahrun. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala 5, no. 2 (Mei, 2017): 128.
Nadia Salsabila et al. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Wijaya Putra Surabaya.” Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 3, no. 2 (Juni, 2023): 169.
Nuzuli, Khairul Ahmad. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Cet. 1. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2023.
Rahmanto, Agung. Manajemen, Supervisi, & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2022.
Rahmi, Agustina. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2023.
Saputri, Melati. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Ijiam-Edu 1 no. 1 (2024): 68.
Suryadhiningra, Karina Fitri Raden Tjutju Yuniarsih dan Janah Sojanah. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 7, no. 2 (Juli, 2022): 168.
Zuryati, Djailani dan Nasir Usman. “Gaya Kepemimpinan Kepada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksumawe.” Jurnal Adminitarasi Pendidikan Pacasarjana Universitas Syiah Kual 3, no. 2 (Mei, 2015): 29.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2024 AHMAD KHOIRI

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).