Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.336الكلمات المفتاحية:
metode، pembelajaran، nilai، keagamaan، anak usia diniالملخص
Manusia dilahirkan dalam keadaan suci (fithrh), dan sekaligus membawa potensi kebaikan yang dapat dikembangkan melalui metode-metode pembelajaran yang ada. sehingga pada akhirnya terbentuklah Insan Kamil yang telah terpaterikan dan menyandang prediket sebagai makhluq terbaik ciptaan Allah Taala. Namun demikian, sepanjang proses perkembangan kehidupannya makhluq Tuhan yang bernama manusia ini belum tentu mereka menjadi manusia baik, hal ini dikarenakan dalam kehidupannya senantiasa mengalami perubahan-perubahan dan sangat memungkinkan predikat (sebaik-baik ciptaan) bisa saja berubah menjadi makhluq Tuhan yang paling rendah derajadnya. (Asfala Safiliin) Informasi ini hadir sebagai sarana nyata yang dapat membantu para pendidik untuk menjadikan Anak Usia dini (AUD) sebagai insan yang memiliki karakter ke-agamaan yang baik dan kedepan diharapkan mereka mampu menghadapi (hidup di dalam dan menghadapi dunianya dengan berbekal nilai-nilai ke-agamaan).. Karenanya pendidikan dan juga pembelajaran nilai-nilai keagamaan ini merupakan proses fasilitasi yang dilakukan oleh pendidik kepada terdidik (AUD) dalam kerangka proses internalisasi nilai-nilai kebaikan pada diri seseorang khususunya Anak Usia Dini.
المراجع
Al-Qur’an al-KariM
Abdul Aziz Dahlan, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, (Aqidah), Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005
Cyrus T. Lalompoh-Kartini Ester Lalompoh, Metode Pengembangann Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, Jakarta, Grasindo, 2017
Hassan Shdilly, Ensiklopedi Umum, Jakarta, Yayasan Kanisius, 1973
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksar, 2006
Muhmidayeli, Membangun Paradigma Pendidikan Islam, pekanbaru, PPs UIN Suska Riau, 2007
Musfir Bin Said Az-Zahrani, Konseling Terapi, Jakarta, Gema Insani, 2005
Sa’dun Akbar, Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini, Bandung, Refika Aditama, 2019.
Wina Sanjaya, Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2008
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).