Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini

المؤلفون

  • Mukhlas Mukhlas STAIN Bengkalis
  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v18i1.336

الكلمات المفتاحية:

metode، pembelajaran، nilai، keagamaan، anak usia dini

الملخص

Manusia dilahirkan dalam keadaan suci (fithrh), dan sekaligus membawa potensi kebaikan yang dapat dikembangkan melalui metode-metode pembelajaran yang ada. sehingga pada akhirnya terbentuklah Insan Kamil yang telah terpaterikan dan menyandang prediket sebagai makhluq terbaik ciptaan Allah Taala. Namun demikian, sepanjang proses perkembangan kehidupannya makhluq Tuhan yang bernama manusia ini belum tentu mereka menjadi manusia baik, hal ini dikarenakan dalam kehidupannya senantiasa mengalami perubahan-perubahan dan sangat memungkinkan predikat (sebaik-baik ciptaan) bisa saja berubah menjadi makhluq Tuhan yang paling rendah derajadnya. (Asfala Safiliin) Informasi ini hadir sebagai sarana nyata yang dapat membantu para pendidik untuk menjadikan Anak Usia dini (AUD) sebagai insan yang memiliki karakter ke-agamaan yang baik dan kedepan diharapkan mereka mampu menghadapi (hidup di dalam dan menghadapi dunianya dengan berbekal nilai-nilai ke-agamaan).. Karenanya pendidikan dan juga pembelajaran nilai-nilai keagamaan ini merupakan proses fasilitasi yang dilakukan oleh pendidik kepada terdidik (AUD) dalam kerangka proses internalisasi nilai-nilai kebaikan pada diri seseorang khususunya Anak Usia Dini.

السير الشخصية للمؤلفين

Mukhlas Mukhlas، STAIN Bengkalis

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Siti Munawarah، Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

المراجع

Al-Qur’an al-KariM

Abdul Aziz Dahlan, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, (Aqidah), Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005

Cyrus T. Lalompoh-Kartini Ester Lalompoh, Metode Pengembangann Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, Jakarta, Grasindo, 2017

Hassan Shdilly, Ensiklopedi Umum, Jakarta, Yayasan Kanisius, 1973

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksar, 2006

Muhmidayeli, Membangun Paradigma Pendidikan Islam, pekanbaru, PPs UIN Suska Riau, 2007

Musfir Bin Said Az-Zahrani, Konseling Terapi, Jakarta, Gema Insani, 2005

Sa’dun Akbar, Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini, Bandung, Refika Aditama, 2019.

Wina Sanjaya, Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2008

التنزيلات

منشور

2022-01-03